Selasa, 27 Desember 2016

PENTING!! CARA MENGETAHUI CAMERA CCTV "MERK CHINA"

Karena keterbatasan waktu, biaya dan tenaga maka satu-satunya cara kita mengecek kualitas merk CCTV secara efisien hanya melalui internet dan bertanya kepada teman-teman. Kan tidak mungkin berangkat sendiri ke Cina hanya untuk membeli paket CCTV sejumlah 4 - 5 juta. Tiket dan akomodasinya saja lebih dari itu. Belum lagi masalah garansi produknya. Masak mau dikirim ke Cina untuk retur atau servis.

Nah, pertanyaannya adalah ngecek di website mana ? Kan semua orang selalu ngomong produknya paling bagus, paling murah, paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan terkenal. Kita toh tidak bisa percaya begitu saja dengan testimony klien...ini dunia maya dimana identitas bisa dipalsu, telepon bisa ditulis tapi "Telepon yang anda tuju tidak terdaftar !" atau tersambung namun tidak pernah diangkat.

Cara Cek Merk CCTV Cina
Untungnya ada tokobagus.com yang kini berubah menjadi Olx.co.id yang bisa kita jadikan acuan untuk menilai kepopuleran suatu produk. Anda bisa mengetikan kata "Samsung Galaxy" di OLX dan langsung muncul ratusan iklan dari seluruh Indonesia. Atau "Evercross" yang jumlahnya juga hampir sama dengan iklan Samsung.

Jumlah iklannya akan menjadi puluhan jika anda mengetikkan merk "Mito", "Xiaomi" atau "Nexus". Anda akan melihat tulisan 0 data untuk pencarian jika mengetikan "Nito" atau "LalaMi". Karena memang tidak ada merk hape Nito dan LalaMi di pasar Indonesia.

Namun anda salah jika berpikir bahwa jumlah iklan yang banyak berarti merk tersebut produknya paling bagus. Anda harus memahami perbedaan barang bagus dengan barang terkenal. Barang terkenal adalah barang yang paling dikenal masyarakat. Merknya telah menjadi merk generik sehingga bisa diterima oleh pasar dan diasumsikan dengan produk berkualitas.

Produk terkenal dengan produk yang berkualitas itu berbeda. Barang berkualitas itu biasanya mahal sehingga tidak bisa dibeli semua orang.

Sebagai contohnya HP Samsung Galaxy S6 dengan iPhone 6. Keduanya sama-sama bagus dan berkualitas. Tetapi penjualan Samsung Galaxy S6 lebih banyak daripada iPhone 6 karena harganya lebih murah. Artinya orang yang mampu beli S6 lebih banyak daripada orang yang mampu beli iPhone 6. Karena itulah jumlah iklan Samsung di OLX.com lebih banyak daripada iPhone 6.
Quote:Nah, mengapa harus menggunakan tokobagus sebagai referensi untuk menilai suatu produk ? Pertama, tokobagus...eh OLX... susah di manipulasi informasinya.
Tidak mungkin membuat ratusan iklan yang berbeda deskripsi, foto dan nomer penjualnya setiap hari. Apalagi sekarang iklan gratisan di OLX hanya dibatasi maksimal 10 per user.

Kedua, OLX adalah portal jual beli terbesar dan terkenal di Indonesia. Jadi hampir semuanya menggunakan OLX untuk menjual produknya.

Ketiga atau terakhir, untuk mengecek harga produk yang paling up-to-date dan bersaing. Sekalipun tidak ada patokan harga yang tepat, tetapi ada range harga yang bisa kita dapatkan, misalnya untuk kamera CCTV Avtech KPC133 antara 400 hingga 500 ribu.

Tentu saja anda bisa mengunakan portal jual beli lainnya untuk mendapatkan informasi harga dan kualitas suatu produk. Ada Lazada.co.id yang mengkhususkan menjual produk baru atau Kaskus.co.id yang lebih tepat dimasukkan sebagai forum terbesar di Indonesia. Kami menggunakan OLX karena website tersebut memiliki brand jual beli yang kuat di benak masyarakat Indonesia.
Cara Cek Merk CCTV Cina
Ads by Kiosked

Nah, pertanyaannya adalah portal jual beli apa yang paling terkenal di Cina ? Karena dari website itulah kita bisa mengetahui informasi merk CCTV Cina terkenal dan terbagus. Dari portal jual beli Cina itulah kita bisa mendapatkan informasi produk yang paling obyektif, terbaru dan akurat.
Quote:Sebenarnya ada tiga website yang paling terkenal di Cina, Alibaba.com,Aliexpress.com dan TaoBao.com. Semua situs tersebut dimiliki oleh grup Alibaba.com.
Sekalipun ketiganya adalah portal jual beli, namun segmen pasarnya berbeda. Penjual yang ada di Alibaba.com adalah produsen dan perusahaan besar atau distributor atau master dealer. Mereka hanya melayani penjualan besar saja, tidak mau melayani anda yang hanya membeli 1 DVR dan 4 CCTV. Tentu saja harga produknya super murah karena ada minimal order.

Nah, anda harus membeli di AliExpress.com jika ingin membeli paket CCTV tadi.

Sedangkan TaoBao.com lebih dikhususkan sebagai portal jual beli masyarakat Cina saja. Coba saja anda buka, dijamin termenung-menung sendiri melihat tulisan dewa.

Dari Alibaba dan Aliexpress ini anda akan menemukan banyak sekali merk CCTV di Cina sana, tetapi anehnya, hampir sedikit sekali yang dijual di Indonesia. Contohnya Dahua, padahal merk itu terkenal di Cina dan India, juga salah satu produsen CCTV terbesar di dunia. Mengapa bisa begini ?

Mudah sekali menjawab pertanyaan ini. Di kalangan importir, ada istilah terkenal yang bunyinya, "Jual barang Cina itu gak enak di depan, untungnya dinikmati orang lain." Karena siapa saja yang punya duit bisa beli langsung dari pabriknya. Semakin banyak, semakin murah harganya. Mereka tidak memiliki konsep ATPM atau Agen Tunggal Pemegang Merk.

Misalnya saja anda membeli produk Dahua. Anda mengeluarkan biaya promosi, membayar sales keliling dan menghutangi downline agar bisa memasarkan merk ini. Setelah babak belur bertahun-tahun akhirnya usaha anda mulai menuai hasilnya. Merk Dahua diterima di Indonesia dan penjualan anda meningkat selama beberapa waktu lalu terjun bebas kembali.

Penyebabnya adalah importir baru yang juga ikut-ikutan menjual merk Dahua. Harga jual mereka lebih murah dari anda karena tidak perlu menambahkan biaya promosi produk. Lalu masuk importir baru lagi, tambah lagi persaingannya. Tambah lagi importir baru, terus-terus dan terus sampai harga jualnya nyungsep-sep. Kita yang susah, orang lain yang menikmati hasilnya.
Cara Cek Merk CCTV Cina
Ads by Kiosked
Kita sebagai pembeli tentu saja tidak tahu kualitas dan harganya. Sekalipun anda sekarang sudah tahu cara mengecek merk dan harganya melalui Alibaba tetapi anda tidak benar-benar tahu CCTV model ini dari merk apa terus diubah jadi merk apa karena terlalu banyak pabrik CCTV di Cina.

Sekalipun anda menemukan foto CCTV yang sama dengan CCTV yang anda beli tetap tidak bisa dijadikan patokan merk aslinya.

Karena chipset, image sensor dan komponen di dalamnya bisa saja berbeda. Dengan kata lain anda membeli produk KW2 seharga KW1. Jangan menyalahkan penjualnya karena keputusan pembelian sebenarnya di tangan anda sendiri. Prinsip berdagang itu membeli semurah-murahnya lalu dijual semahal-mahalnya. Kita semua tahu prinsip itu bukan ?

Produk yang demikian tidak bisa dikatakan sebagai CCTV palsu karena memang tidak ada produk asli yang dipalsukan. Bukankah model dan disain CCTV ya dari dulu seperti itu ? Penjualnya juga tidak bisa disebut sebagai penipu...loh dia jual dengan merk yang berbeda dengan harga yang berbeda juga kan ?

Jadi sebenarnya ada dua jenis CCTV Cina yang akan anda temui di pasaran.
Pertama, CCTV OEM. Yaitu CCTV yang dibuat dari pabrik yang sama, dengan spesifikasi yang sama, kualitas yang sama, harga yang sama namun tanpa merk pabriknya. Jenis yang kedua adalah CCTV model sama dengan spesifikasi yang berbeda. Bisa lebih tinggi atau malahan lebih rendah kualitasnya.
Cara Cek Merk CCTV Cina
Nah, disinilah masalahnya, masalah bagi pembeli awam seperti kita ini. Modelnya sama, specnya sama tapi kok harganya dan merknya beda. Yang merk A harganya 2 kali lebih mahal dari merk B. Apa maksudnya ini ?


  • Kemungkinan pertama, penjualnya mengambil untung terlalu besar.
  • Kemungkinan kedua, penjualnya adalah tangan ketiga atau keempat.
  • Ketiga, barangnya benar-benar berbeda.


Memang tidak enak menjadi penjual, selalu ditanggapi negatif lebih dulu. Padahal tidak semua penjual benar-benar tukang cekik leher. Hanya karena ada satu dua penjual yang tidak benar, semuanya dianggap seperti itu. Bukankah masih ada kemungkinan bahwa kedua produk tersebut berbeda kualitas sekalipun memiliki model yang sama ?

Bagaimana caranya kita bisa mengecek kualitas merk CCTV itu bagus dan murah ? Gampang, anda harus membandingkan langsung merk yang satu dengan merk lainnya sambil membaca spesifikasi teknis kamera dan DVR-nya.

Cara Mengecek Kualitas CCTV Cina

Oh...Tidaak ! Kami tidak menyuruh anda mendatangi satu-persatu penjual CCTV. Tidak efisien itu. Ada banyak cara mengecek kualitas CCTV secara online. Salah satunya melalui Youtube.com

Sayangnya, tidak semua merk CCTV bisa anda temukan di Youtube. Bukan berarti merk tersebut jelek loh. Karena membuat video Demo CCTV itu sedikit sulit, jadi tidak semua produsen bersedia berinvestasi di sana. Atau bisa juga karena memang produknya berkualitas rendah sehingga hasil rekamannya ya begitu itu. Ada harga ada rupa, betul tidak ?
Cara Cek Merk CCTV Cina
Kami lebih menyarankan anda untuk melihat video CCTV di Youtube daripada melihat gambar screenshot cameranya karena hasil akhir yang kita butuhkan adalah video, bukan foto. Dari video kita bisa melihat ketajaman image sensornya, akurasi warnanya dan frame rate-nya.

Jika merk CCTV yang ingin anda beli tidak ada di youtube, maka pertimbangkan untuk mencari merk lainnya lebih dulu. Menunda sehari tidak akan membuat dunia kiamat bukan ? Kamera dan DVR-nya memang murah, tetapi anda belum memperhitungkan biaya pemasangan dan alat tambahan yang memang tidak dimasukkan agar paket CCTV yang dijual kelihatannya murah.

Cara Cek Merk CCTV Cina

Berdasarkan data di OLX, rata-rata harga paket CCTV Cina yang murah adalah Rp 2.000.000 - Rp 3.500.000. Bahkan beberapa seller mengatakan sudah lengkap, tidak perlu keluar uang sepeser pun. Kami kagum sekali dengan penjual yang militan seperti ini. Kok bisa masuk perhitungan labanya ?

Dibutuhkan minimal 2 orang untuk memasang CCTV. Butuh waktu 1 hari kerja untuk memasang 4 kamera. Setelah kamera terpasang, harus di sesuaikan lagi angle view-nya. Kemudian di setting internet agar bisa di akses melalui handphone. Jika lancar, benar-benar sehari selesai, dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Jika ada trouble, maka butuh waktu 2 hari.

Karena CCTV adalah barang elektronik yang memiliki masa garansi yang panjang, minimal 1 tahun maka biaya kunjungan, servis ataupun retur juga harus diperhitungkan. Katakan saja, setelah seminggu terpasang, tiba-tiba salah satu kamera mati tanpa sebab, maka biaya ini juga menjadi tanggungan penjual loh.

Biasanya sistem kulakan CCTV cina itu sistem lepas, artinya unit yang rusak tidak bisa dikembalikan ke importirnya. Pembeli memang mendapatkan garansi, tetapi itu garansi toko, bukan dari principle-nya. Jadi yang menanggung kerugiannya adalah Seller. Makanya kami kagum dengan penjual yang militan ini.

Quote:Apakah mungkin bisa mendapatkan Paket CCTV 4 channel plus biaya pemasangannya denga uang 2-3 juta ? Dengan garansi 1 tahun, bisa merekam ? Bisa dilihat dari ponsel dan dengan kualitas yang bagus dan servis yang memuaskan ?

Mari kita belajar bersama-sama tentang sistem CCTV.

Kamera Analog - IP Camera - CCTV Hybrid

Ada dua fungsi utama CCTV, yaitu monitoring dan identifiying. Untuk memonitor, kita memerlukan kamera yang memiliki sudut pandang luas. Sedangkan untuk mengidentifikasi kita membutuhkan kamera yang tajam.
Cara Cek Merk CCTV Cina
Karena itu ada dua jenis kamera CCTV yang beredar di pasaran, jenis dome dan jenis bullet. Keduanya mewakili kebutuhan ini. Kamera dome memiliki angle view yang luas, sedangkan kamera bullet sudut pandangnya sempit (narrow view). Nah, kesalahan umum yang terjadi di masyarakat adalah kamera dome itu adalah kamera indoor sedangkan kamera bullet itu untuk outdoor.
Quote:Bukan bentuk kamera Dome atau Bullet yang perlu anda perhatikan, tetapi ukuran lensanya, sudut pandangnya dan Ingress Protection Code.
Memang 80% anggapan ini benar, tetapi tidak semua kamera bullet itu bisa dipasang di luar ruangan. Anda harus melihat spesifikasinya, tepatnya di bagian IP atau Ingress Protection. IP ini memiliki 2 angka yang mewakili ketahanan produk terhadap debu, air dan tekanan. Anda bisa melihat daftar lengkapnya diwikipedia. Untuk mudahnya, carilah kamera yang memiliki IP67 untuk ditaruh di luar ruangan. Boleh menggunakan IP65 jika mau ditaruh di teras rumah.

Mengapa harus menggunakan kamera dome untuk fungsi pengawasan dan kamera bullet untuk melihat wajah orang ? Kami akan menjawab pertanyaan ini dengan pertanyaan pula, " Jenis kamera apa yang anda pakai ?"

Teknologi CCTV saat ini sedang mengalami perkembangan pesat yang bisa disimpulkan dengan kalimat, "semakin murah dan semakin tajam." Jadi sebenarnya tidak perlu lagi menggunakan dua kamera untuk dua fungsi yang berbeda. Cukup satu kamera untuk mengawasi sekaligus mengenali benda atau wajah seseorang.

Dua kamera yang berbeda itu anda perlukan jika menggunakan sistem CCTV analog karena keterbatasan sensor kameranya. Teknologi analog ini sudah terlalu tua untuk diterapkan di jaman ini, kemampuan maksimal sensornya hanya 976x496 TVL. Dan ketajaman gambarnya pun akan berkurang lagi karena harus dirubah dari format analog ke format digital.


Kirimkan pertanyaan anda ke alamat email dhianelektro67@gmail.com atau kunjungi http://dhianelektro.blogspot.co.id
Semoga kami dapat menjawab pertanyaan anda.
Hubungi Kami :
telephone: 021-6300-508
-phone: 0822-1320-9289
-phone: 0822-9732-4004
-phone: 0878-8672-8055
trims*

0 komentar:

Posting Komentar

SEO Reports for dhianelektro.blogspot.co.id
Ping Your Website
TOP AUTO BACKLINK PR5
Kostenlose Backlinks bei http://autobacklink.pixel-spot.eu

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by PRChecker.info service

SEO Reports for dhianelektro.blogspot.co.id
Blog Dofollow
Hafizah Blog
backlink

Tips & Tutorial

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Comment