Minggu, 08 Januari 2017

hal yang harus kita ketahui, Jarak Maksimum Kabel DC Power Kamera CCTV

Jarak Maksimum Kabel DC Power Kamera CCTV

Hampir semua kamera cctv menggunakan tegangan sumber 12VDC. Padahal sebenarnya ada 2 rating tegangan.yaitu 12VDC dan 24VAC. Idealnya, pemasangan power supply pada sistem cctv adalah 1 kamera disupply oleh 1 adaptor tanpa adanya penambahan panjang kabel. Tetapi kondisi dilapangan seringkali berbeda. Penambahan panjang kabel power supply harus dilakukan tatkala sumber listrik 220VAC letaknya berjauhan dengan kamera. Salah satu cara agar tegangan power supply dapat didistribusikan dengan baik adalah dengan cara menggunakan kabel yang berpenampang lebih besar (diameter kabel lebih besar).
Biasanya kabel yang digunakan untuk menambah panjang adalah kabel telepon. Hasil pengukuran menunjukan diameter kabel telepon adalah sekitar 0,55 mm. Berapakah maksimal panjang kabel telepon jika digunakan sebagai penghantar tegangan power supply adaptor? Untuk lebih jelasnya lihat chart/gambar di bawah ini.

Chart diatas berdasarkan drop tegangan sebesar 10% dari sumber tegangan ke kamera.
Minimum arus adaptor/power supply kamera cctv di pasaran adalah 500 mA. Dan banyak juga yang 1000 mA/1A. Maksimal panjang kabel telepon jika adaptor dengan tegangan  12VDC dan arus 500 mA adalah 65 meter. Semakin besar arusnya maka semakin pendek maksimum jaraknya. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa untuk mengalirkan arus yang lebih besar diperlukan saluran hantar yang besar juga. Jadi jika ditemukan drop tegangan di lapangan, jangan langsung mengganti power supply dengan rating arus yang lebih besar. Bisa jadi kabel yang digunakan terlalu kecil. Untuk kabel telepon 2 pairs (4 kabel), manfaatkan 2 kabel lainnya sehingga saluran penghantar menjadi lebih besar.

0 komentar:

Posting Komentar

SEO Reports for dhianelektro.blogspot.co.id
Ping Your Website
TOP AUTO BACKLINK PR5
Kostenlose Backlinks bei http://autobacklink.pixel-spot.eu

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by PRChecker.info service

SEO Reports for dhianelektro.blogspot.co.id
Blog Dofollow
Hafizah Blog
backlink

Tips & Tutorial

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Comment